News Update :
Home » » Keunggulan antara Blogspot dan Wordpress

Keunggulan antara Blogspot dan Wordpress

Monday, November 26, 2012 1:12 AM

Banyak yang bertanya dan bingung apa saja keunggulan antara blogspot/blogger dan wordpress, lebih baik mana ? tentunya jawaban tersebut akan bersifat variatif tergantung dari pengalaman yang menjawab dia lebih familiar menggunakan apa, dan juga lebih ke faktor kemudahan yang diperoleh oleh si penjawab. Namun disini saya tidak berusaha menjawab dari sisi “Pengalaman Pribadi” tetapi setidaknya membahas secara PASTI sebelum anda memilih salah satu penyedia blogging untuk Blog anda.
Kalau kita perbandingkan tentunya bukan berdasar fasilitas yang banyak, digunakan banyak orang, Banyak ahli menggunakan dan sebagainya…tetapi kita harus benar2 membandingkan setidaknya berdasarkan :
  1. User Friendly. mudah dalam penggunaan dan tidak membuat pengguna dan yang melihat sukar dalam berintaraksi dan membuat blog.

  2. Kompatibilitasnya terhadap dukungan tampilan dan fasilitas web. Sejauh mana sebuah blog mempunyai dukungan terhadap Bahasa web standar maupun rumit (HTML versi ?, Javascript, Java Applet, PHP, perl dan sebagainya) yang memungkinkan pengguna bisa berkreasi sesuai keahlian mereka berdasarkan bahasa web yang dikuasai.

  3. Konektifitas sebuah server Blog akan mempengarui kecepatan akses, Bandwith yang diterima dan jaminan koneksi menuju tempat tujuan yang besar.

  4. Dukungan / Becking dari Layanan Blog tersebut apakah didukung oleh Pemrogram Web yang handal, Fasilitas jaringan server yang memadai, kualitas service yang sangat bagus. hal ini penting untuk keberlanjutan blog yang kita gunakan, jangan sampai salah memilih blog yang punya technical service yang asal2an ….

  5. Tingkat keamanan layanan blog sangat penting dijadikan patokan
Dari kelima hal tersebut mari kita buktikan untuk membandingkan antara Wordpress dan Blogspot lebih bagus mana ??
Baik, mari kita uji point pertama :
Gambar 1. Tampilan awal manajemen Blog Wordpress
Gambar 2. Tampilan awal manajemen Blog Blogspot
Gambar 3. Tampilan Dashboard Blogspot.com
Gambar 4. Tampilan Dashboard Wordpress
Dari ulasan gambar diatas sudah cukup jelas dari sisi User friendly lebih tepat dan lebih bagus Wordpress daripada blogspot. pada wordpress kategori settingnya ditampilkan berdasarkan item sendiri2 sehingga pengguna bisa memahami dengan cepat apa yang akan dilakukan dengan blognya, sedangkan di Blogspot tidaklah demikian, link-linknya terdiri dari beberapa Item didalamnya sehingga kita dituntut untuk lebih menghapalkan menu-menu dan item2 yang ada di blogspot.
Kesimpulan saya pribadi pada point pertama adalah Wordpress lebih cocok digunakan oleh newbie dan tidak ingin diributkan dengan berbagai layanan yang dia harus membuat sendiri karena kekuatan Wordpress pada Pluginnya sehingga pengguna tidak perlu dipusingkan dengan berbagai layanan .
=======
Baik kita teliti pada point 2 yaitu kompatibilitasnya terhadap dukungan Script. Kenapa kita butuh dukungan Script Web ini ? karena kita bisa berkreasi dan bisa belajar lebih besar dengan menggunakan kreativitas dan modifikasi menurut kita baik tampilan, konten maupun logikanya.
Jika kita bandingkan antara keduanya sudah tentu Blogger lebih baik daripada wordpress, karena Blogger mendukung Script Web javascript dan Java Applet sehingga dukungan terhadap kompatibilitasnya lebih besar. Wordpress tidak bisa mendukung javascript sehingga lebih mengandalkan pada Plugin yang ada sehingga kita tidak leluasa menggunakan script kita sendiri / modifikasi kita sendiri pada blog tersebut dan menggantungkan kreatifitas kita pada Plugin yang ada di wordpress.
=======
Untuk Point yang k-3 tentang konektifitas antara Blogspot dan Wordpress saya akan coba mengecek dari sisi traceroute (Pengecekan Jalur-jalur Router yang dilewati dari source address /alamat asal sampai destination address / alamat tujuan.
Gambar 5. Jalur-jalur ISP yang dilewati ketika mengakses agungsulistyo.wordpress.com
Gambar 6. Jalur-jalur ISP yang dilewati ketika mengakses agungsulistyo.blogspot.com
Silahkan anda melihat dari gambar 5 dan 6, jalur-jalur router/gateway yang dilewati untuk mencapai tujuannya adalah agungsulistyo.wordpress.com 23 hop, sedangkan agungsulistyo.blogspot.com 17 Hop.
Kemudian anda perhatikan pada Gambar 7 dibawah ini adalah potongan jalur dari agungsulistyo.wordpress.com.
Gambar 7. Potongan tracert ke agungsulistyo.wordpress.com
Apa maksudnya dari gambar 7 tersebut ?? kenapa pada agungsulistyo.blogspot.com tidak ada ??
Baik akan saya jelaskan, Gambar 7 tersebut adalah Jalur yang dilalui menuju keluar Indonesia atau melewati Jalur Internasional. disitu ada singtel.com(Singapura Telecom) yang mempunyai arti bahwa untuk mengakses ke Wordpress maka anda harus mempunyai Internet yang mempunyai Bandwith Internasional yang besar, padahal kalau anda menyewa Internet via Modem / Speedy maka alokasi Bandwith Internasionalnya Sangat kecil (Karena MAHAL Harganya) tetapi bandwith Lokal (IIX)  sangat besar sehingga bisa mengakses dengan cepat web2 dari lokal Indonesia.
Kenapa Blogspot tidak melewati jalur Internasional ??
Nah itulah keunggulan Blogspot setelah dibeli oleh Google. Jadi Server Blogspot berada pada jalur IIX / Lokal Indonesia sehingga ketika anda mengakses blogspot lebih cepat daripada wordpress.
Dari hasil pengamatn itu saja sudah jelas terbukti bahwa blogspot lebih cepat jalurnya daripada wordpress.
========
Pada Point 4 tentunya anda sudah tahu siapakah pemilik Blogspot ? dan siapakah pemilik Wordpress ?
Gambar 8. Nslookup blogspot.com dan www.google.com
Perhatikan IP Address blogspot dan www.google.com ! tentunya anda sudah tahu milik siapakah blogspot tersebut…..
Dari dukungan jaringannya jelas lebih unggul google.com sebagai beckingnya…. Point yang terakhir adalah dilihat dari sisi Keamanan layanan Blog. untuk itu gak usah basa-basi kita akan cek keamanan layanan wordpress dan blogspot di Situs Keamanan Packetstormsecurity.org
Silahkan di cek di http://packetstormsecurity.org/search/?q=wordpress dan http://packetstormsecurity.org/search/?q=blogspot !
Di web keamanan tersebut bisa dilihat untuk wordpress terdapat 726 kelemahan baik berup SQL Injection (pencurian data dengan memanipulasi perintah mysql) ataupun XSS Scripting dan sebagainya….
Sedangkan pada blogspot hanya ditemukan 1 kelemahan saja.
Itu saja dari saya…..Silahkan memilih dengan benar sebelum anda melangkah !
Mungkin itu saja…..
Sekarang tergantung anda mau memilih yang mana ?? Kalau saya pribadi sangat2 yakin memilih Blogspot…..

Sumber : kompasiana
penulis : Agung Sulistyo
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

 

© Copyright Strategi Membangun Media Online 2010 -2011 | Design by Zack Tajir | Published by Media Tajir | Powered by Blogger.com.